Selamat Jalan Guru Kami…

103 Viewed Redaksi 0 respond
Rest in Power: Susilo "Slamet" Wardoyo
Rest in Power: Susilo "Slamet" Wardoyo

Slamet Susilo Wardoyo, lahir di Cilacap 1937, adalah seorang Guru SD semasa sebelum “Geger Gestok 65”. Tuduhan terlibat G30S, yang tak pernah terbuktikan itu, telah menyeretnya masuk penjara Orba dan dikurung selama 6 bulan. Pada masa itu, dikenangnya, ia sering mendengar lolongan orang-orang yang disiksa, memakai pentungan sampai mati di tempat tahanan. Yang sangat tak manusiawi, pada masa itu, dianggap layak terjadi.

“Untung aku cuma dikurung, tidak dikarung”, selorohnya suatu hari.

Kenangan miris itu dibawanya hingga “Slamet” (demikian nama panggilannya) keluar dari penjara. Pasca pembebasannya dari bui rejim Orba, dan masih dikenakan wajib lapor selama bertahun-tahun; mantan pendidik ini kemudian menetap di Desa Sikampuh, Kecamatan Kroya Cilacap.

Sejak tahun 2000 mantan Tapol 65 berkacamata minus ini tak mau tinggal diam. Dan mulai lah dia tergugah untuk menghubungi para koleganya sesama korban tragedi kemanusiaan “Genosida 65” untuk berhimpun dalam organisasi korban, seperti LPR-KROB dan Sekber 65, termasuk ketetapan hatinya menjadi pengurus aktif YPKP 65 Cabang Cilacap; yang dikukuhkan pada 5 Januari 2014. Slamet, di usia tuanya tetap aktif hingga akhir hayatnya.

Susilo “Slamet” Wardoyo wafat dalam usia 81 tahun, pada hari Senin, 20 Agustus 2018; nafasnya sesak tiba-tiba sebelum kemudian seluruh kemampuan tubuh dan daya hidupnya berakhir pada hari itu. Jenazahnya dikebumikan di TPU Desa Sikampuh, Kroya; pada hari itu juga.

“Selamat Jalan, Guru Kami…”

SLAMET: Sebuah foto kenangan Susilo "Slamet" Wardoyo pada suatu acara pertemuan YPKP 65 Cabang Cilacap, di Sekretariat Kroya [Foto: Humas]

SLAMET: Sebuah foto kenangan Susilo “Slamet” Wardoyo pada suatu acara pertemuan YPKP 65 Cabang Cilacap, di Sekretariat Kroya; semangatnya terus menyala [Foto: Humas]

Don't miss the stories follow YPKP 1965 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
nurmatias1b

RiP | Nurmatias [14 November 1929 – 25 Mei 2018]

Related posts
Your comment?
Leave a Reply