Harso Susanto | 24 Juli 1941 – 27 Mei 2017 | R.i.P.

329 Viewed Redaksi 0 respond
HarsoTongkySusanto.crop

Harso Susanto Tongky

Surabaya, 24 Juli 1941 – Rotterdam, 27 Mei 2017

Harso Susanto, lahir di Surabaya 24 Juli 1941. Dikenal juga dengan nama panggilan “Mas Tongky” di kalangan kerabat dan koleganya, pada awalnya adalah mahasiswa yang mengambil studi bidang Arsitektur yang dikirim pemerintahan Soekarno untuk belajar di Uni Soviet. Dia tiba di negeri sosialis waktu itu pada bulan Agustus 1963, sebagai mahasiswa di Universitas Persahabatan Bangsa-Bangsa Patrice Lumumba; dan menyelesaikan studinya di sana.

Harso Susanto sangat aktif dalam kegiatan kebudayaan, banyak mengenalkan Indonesia kepada para mahasiswa asing dan juga rakyat Uni Soviet. Kecintaan dan keahliannya di bidang kebudayaan Indonesia telah dia tunjukkan sejak masa mudanya itu. Dia juga menjadi bagian penting dari sebuah Group Band Indonesia yang pada setiap musim panas aktif menggelar pertunjukan di berbagai republik yang menjadi bagian dari Uni Soviet waktu itu.

Tapi sebagai seorang yang tidak mau menerima politik penguasa Indonesia waktu itu, rezim Soeharto telah dengan paksa merampas hak kewarganegaraannya. Terpaksa dia pindah dari satu negeri ke negeri lain, sebelum akhirnya menetap di Belanda. Sampai akhirnya ia wafat di Rotterdam.

Selama bermukim di Belanda dia aktif menjadi anggota Perhimpunan Persaudaraan sejak dari berdirinya perhimpunan ini. Secara tekun dia mengelola grup paduan suara Bhineka Ria. Himne Persaudaraan adalah salah satu karya gubahannya. Bukan hanya di bidang musik “Mas Tongky” menampilkan bakatnya, tapi juga dalam seni grafis. Logo Persaudaraan, kulit muka majalah Informasi (terbitan Persaudaraan) serta banyak gambar-gambar di majalah tersebut juga buah karyanya.

Don't miss the stories follow YPKP 1965 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
Suar Suroso

Suar Suroso | 16 Mei 1930 – 27 April 2017 | RiP

RIP: Jenazah Alm Soemaun Utomo disemayamkan di Rumah Duka Semarang, sebelum dikebumikan pada Kamis (14/9). Rest in Peace [Photo Credit: YAS]

Soemaun Utomo | RIP | 18 Agustus 1923 – 11 September 2017

Related posts
Your comment?
Leave a Reply