[Bedah Buku dan Kumpulan Resensi] Berkas Genosida Indonesia – Mekanika Pembunuhan Massal 1965-1966 / The Army and the Indonesian Genocide Mechanics of Mass Murder

372 Viewed Redaksi 0 respond
Screen Shot 2022-03-30 at 12.16.42 AM

 

Buku ini menggugurkan narasi militer yang menjadi propaganda resmi pemerintah Indonesia tentang pembunuhan massal 1965– 1966 berdasar arsip militer sendiri. Arsip setebal 3.000 halaman yang ditemukan di bekas gedung Badan Intelijen Indonesia di Banda Aceh tersebut untuk pertama kalinya digunakan untuk merekonstruksi secara rinci narasi pembunuhan 1965–1966. Dari perintah dan catatan militer, serta kisah-kisah yang belum pernah didengar yang disuarakan 70 penyintas G30S di Aceh, buku ini dengan gamblang menyatakan bahwa pembantaian 1965–1966 merupakan kasus genosida, sebagaimana definisi yang termaktub dalam Konvensi Genosida 1948. “Secara mengejutkan, Melvin berhasil menjelaskan dua hal yang, setidaknya bagi saya, hanya samar-samar diketahui. Dua hal itu adalah pentingnya posisi Aceh dalam pertarungan ideologis dan transformasi politik lokal yang membuat elite masyarakat Aceh merasa lebih berutang kepada kaum militer ketimbang kepada Sukarno.”

Fachry Ali, Pengamat Politik-Ekonomi dan Sejarah

“Buku Melvin merupakan terobosan dramatis dalam pemahaman kita tentang pembantaian 1965–1966 di Indonesia. Ia memanfaatkan sumber baru, yaitu arsip militer untuk menunjukkan secara kuat bahwa militer Indonesia sangat terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan pembantaian kaum komunis Indonesia. Dalam prosesnya, militer memanipulasi opini publik baik di dalam maupun di luar negeri demi menyembunyikan peranannya dalam genosida.”

—Robert Cribb, Australian Nasional University, Australia

“Buku ini merupakan terobosan untuk kajian tentang pembunuhan massal 1965-1966. Melvin sudah menemukan banyak bukti baru dan memanfaatkan secara optimal studi kasus di Provo=insi Aceh untuk mengungkap aspek-aspek tersembunyi dari pengambilan keputusan di tingkat nasional. Ia mengajukan argumen yang orosinil bahwa pembunuhan massal harus dipahami sebagi genosida. Buku ini bukan sekedar sumbangsih biasa bagi sejarah Indonesia- buku ini mengubah tatanan.

John Roosa, University of British Colombia, Kanada

“Tampaknya mustahil untuk melebih-lebihkan pentingnya hasil kerja Melvin yang monumental sekaligus terasa memilukan… Hasil kerjanya mengubah pemahaman kita tentang sejarah, identitas, dan politik Indonesia. Jess Melvin telah menyusun salah satu kajian terbaik tentang genosida.”

Joshua Oppenheimer, sutradara peraih nominasi Academy Award, The Act of Killing (2012) dan The Look of Silence (2014)

Kompilasi Artikel Jess Melvin dan Resensi Berkas Genosida Indonesia – Mekanika Pembunuhan Massal 1965-1966 / The Army and the Indonesian Genocide Mechanics of Mass Murder

Kesaksian Para ‘Algojo 1965’, Lubang Pembantaian dan Kuburan Massal di Aceh ‘(*Seri Laporan Khusus BBC Indonesia Tentang Pembantaian 1965 di Aceh)

Don't miss the stories follow YPKP 1965 and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in
Screen Shot 2022-01-08 at 12.22.15 AM

[Buka Data Narasi Newsroom] Sensus Daerah Pembantaian Massal ’65 – Kajian Siddharth Chandra

Related posts
Your comment?
Leave a Reply